Daftar Teknik Asesmen CPMK, Penilai beserta Instrumennya

Teknik Asesmen

Deskripsi

Instrumen asesmen

Penilai untuk aktivitas pembelajaran kuliah, praktikum, dan sejenisnya

Penilai untuk aktvitas pembelajaran non-kuliah

Instrumen peniaian

Tes/Ujian Tertulis

Mahasiswa merespon soal (umumnya tertulis) dalam bentuk jawaban tertulis.

Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas jawaban tertulis yang diberikan mahasiswa.

Soal dapat berbentuk

  • Soal respons pilihan (Select Response Item)
    • Benar/Salah
    • Mencocokkan
    • Pilihan Ganda
  • Soal repsons konstuktif (Construct Response Item)
    • Isi titik-titik
    • Jawaban pendek
    • Perhitungan
    • Essay
  • Daftar pertanyaan/ instruksi dalam bentuk soal tertuls
  • Dosen pengampu
  • Asisten dosen pengampu
  • Dosen pembimbing
  • Asisten dosen pembimbing
  • Rubrik
  • Panduan penilaian,
  • Daftar cek
  • Kunci jawaban

Tes/Ujian Lisan atau wawancara

Mahasiswa merespon pertanyaan (umumnya lisan) dalam bentuk jawaban lisan.

Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas jawaban lisan yang diberikan mahasiswa

  • Daftar pertanyaan
  • Dosen pengampu,
  • Asisten dosen pengampu
  • Dosen pembimbing
  • Pembimbing lapangan
  • Pimpinan unit kerja,
  • Perwakilan tokoh masyarakat,
  • Pihak pemangku kepentingan yang relevan
  • Rubrik
  • Panduan penilaian,
  • Daftar cek
  • Kunci jawaban

Pembuatan karya

Mahasiswa menghasilkan karya berdasarkan penugasan yang diberikan. Karya dapat berupa essay, paper, makalah,proposal, laporan, produk barang, desain, aplikasi, gambar, lukisan, diagram, flowchart, poster, infografik, video, dan, podcast. Pembuatan karya dapat berupa asesmen tersendiri ataupun merupakan hasil dari asesmen lain, misalnya penugasan proyek.

Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas karya yang dihasilkan.

  • Lembar penugasan
  • Dosen pengampu,
  • Asisten dosen pengampu,
  • Rekan mahasiswa sesama peserta kuliah/praktikum
  • Dosen pembimbing,
  • Asisten dosen pembimbing
  • Pembimbing lapangan,
  • Pimpinan unit kerja,
  • Perwakilan tokoh masyarakat,
  • Rekan mahasiswa sesama peserta aktivitas,
  • Rekan kerja non mahasiswa
  • Pihak pemangku kepentingan yang relevan
  • Rubrik
  • Panduan penilaian,
  • Daftar cek

Penugasan proyek

Penugasan proyek adalah penugasan dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan penugasan biasa. Durasi penugasan proyek dapat berkisar antara beberapa kali sesi pembealajaran sampai satu semester penuh. Contoh penugasan proyek adalah proyek pembuatan karya, proyek penelitian, proyek perancangan, proyek pengabdian masyarakat, proyek dakwah Islamiah, proyek kewirausahaan, penempatan kerja/magang

Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas perencanaan, monitoring, dan evaluasi yang dilakukan mahasiswa selama mengerjakan tugas proyek.

  • Lembar penugasan
  • Log book tertulis atau berupa aplikasi
  • Dosen pengampu,
  • Asisten dosen pengampu
  • Dosen pembimbing
  • Pembimbing lapangan
  • Rubrik
  • Panduan penilaian,
  • Daftar cek

Observasi atas kinerja dan perilaku

Mahasiswa mendemonstrasikan aktivitas kinerja seperti diskusi, debat,role play, presentasi, aktivitas praktik di kelas/laboratorium/ tempat kerja,aktivitas praktik lapangan, trouble shooting.

Penilai memberikan nilai dan umpan balik melalui observasi atas kinerja dan/atau perilaku yang didemonstrasikan oleh mahasiswa yang dinilai langsung di hadapan penilai.

  • Lembar penugasan
  • Daftar kinerja/ perilaku yang diobservasi
  • Dosen pengampu,
  • Asisten dosen pengampu
  • Dosen pembimbing
  • Pembimbing lapangan
  • Rubrik
  • Panduan penilaian,
  • Daftar cek

Kuisioner

Penilai memberikan nilaidan umpan balik atas kinerja dan/atau perilaku mahasiswa berdasarkan rangkuman pengalaman penilai berinteraksi dengan mahasiswa yang dinilai

  • Lembar kuisioner
  • Dosen pengampu,
  • Asisten dosen pengampu,
  • Rekan mahasiswa sesama peserta kuliah/praktikum
  • Dosen pembimbing,
  • Asisten dosen pembimbing
  • Pembimbing lapangan,
  • Pimpinan unit kerja,
  • Perwakilan tokoh masyarakat,
  • Rekan mahasiswa sesama peserta aktivitas,
  • Rekan kerja non mahasiswa
  • Pihak pemangku kepentingan yang relevan
  • Rubrik
  • Panduan penilaian,
  • Daftar cek
  • Skala Likert

Refleksi diri

Mahasiswa melakukan refleksi diri atas proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan.

Penilai memberikan umpan balik atas hasil refleksi diri mahasiswa

  • Lembar penugasan
  • Dosen pengampu
  • Dosen pembimbing
  • Rubrik
  • Panduan penilaian
  • Daftar cek
  • Skala Likert

Focus group discussion

Peserta pembelajaran mendiskusikan proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Penilai merangkumkan hasil diskusi serta memberikan umpan balik kepada mahasiswa.

  • Panduan diskusi
  • Dosen pengampu
  • Dosen pembimbing
  • Pembimbing lapangan
  • Rubrik
  • Panduan penilaian

Portofolio

Portofolio adalah kumpulan hasil pembelajaran mahasiswa yang dapat menunjukkan usaha, kemajuan, dan pemenuhan capaian pembelajaran mahasiswa. Hasil pembelajaran umumnya berupa karya mahasiswa.

Sebenarnya penyusunan portofolio didasarkan karya yang telah dibuat oleh mahasiswa, perbedaannya portofolio berupa kumpulan sehinga lebih komprehensif dan dapat memperlihatkan kemajuan pembelajaran.

Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas usaha, kemajuan, dan pemenuhan capaian pembelajaran yang diraih mahasiswa.

  • Lembar penugasan
  • Dosen pengampu
  • Dosen pembimbing
  • Rubrik
  • Panduan penilaian