Penyelarasan Konstruktif

Penyelarasan konstruktif atau constructive alignment adalah suatu konsep bahwa aktivitas pembelajaran dan pengajaran serta aktivitas asesmen haruslah selaras dengan capaian pembelajaran yang telah dirumuskan. Dalam konteks asesmen yang dimaksud selaras adalah aktivitas asesmen serta tingkat kesulitan yang dilakukan mahasiswa dalam rangka pengukuran capaian pembelajaran haruslah sesuai dengan tingkat kognitif dari kompetensi yang dituju dalam tahapan pembelajaran terkait.

Sebagai ilustrasi berikut adalah contoh beberapa soal yang diberikan untuk berbagai level kognitif pada bahan kajian persamaan Bernoulli:

  • Sebutkan persamaan Bernoulli beserta notasinya (Level 1 : Mengingat)
  • Berdasarkan persamaan Bernoulli jelaskan apakah apa yang terjadi jika terdapat peningkatan kecepatan aliran untuk ketinggian konstan? (Level 2 : Memahami)
  • Gunakan persamaan Bernoulli untuk menyelesaikan persoalan kecepatan aliran pada nozzle (Level 3: Mengaplikasikan)
  • Lakukan analisis prinsip kerja sayap pesawat terbang berdasarkan persamaan Bernoulli (Level 4 : Menganalisis)
  • Apakah prinsip Bernoulli dapat diterapkan pada aliran udara dalam ducting AC? Jelaskan mengapa. (Level 5 : Mengevaluasi)
  • Rancanglah suatu alat ukur aliran pada pipa berdasarkan prinsip Bernoulli. (Level 6 : Menciptakan)

Lebih jauh lagi untuk memberikan ide alternatif asesmen dan alternatif instrumen penilaiannya terkait suatu level kognitif tertentu dapat dilihat pada Tabel berikut

.Tabel 1 Alternatif kata kerja operasional, metode asesmen dan penilaian untuk berbagai level kognitif

Level Kognitif

Kata Kerja Operasional

Alternatif Asesmen

Alternatif Penilaian

Mengingat Mencocokkan

membaca

memberi kode

membilang

menamai

mencatat

mendaftar

mengenali

menggambar

menghafal

mengidentifikasi

mengutip

meninjau

meniru

menjelaskan

mentabulasi

menulis

menunjukkan

menyatakan

menyebutkan

Tes obyektif, seperti

  • isian pendek
  • mencocokkan
  • memberi label
  • pilihan ganda

yang memerlukan kemampuan mahasiswa untuk

  • mengingat fakta, istilah, konsep, atau pengetahuan spesifik lainnya dengan mendapatkannya kembali dari memori jangka panjang
Akurasi – jumlah jawaban benar/salah,

kunci jawaban, dan pedoman penilaian

Memahami melaporkan

membedakan

memberi contoh

memperkirakan

memperluas

mempertahankan

memprediksi

menafsirkan

menceritakan

menerangkan

mengartikan

mengemukakan

menggali

menghitung

mengidentifikasi

menginterpretasi-kan

mengubah

mengubah

menguraikan

menjabarkan

merinci

Aktifitas seperti

  • pembuatan paper/peta konsep
  • pelaksanaan tes tertulis
  • diskusi

yang memerlukan kemampuan mahasiswa untuk :

  • memahami dan mengambil makna dari suatu komunikasi tulisan, lisan dan melalui grafik
  • Merangkumkan hasil bacaan/film/pidato
  • Membandingkan dan membedakan dua atau lebih teori, kejadian, atau proses
  • Mengklasifikasikan atau mengkategorikan berdasarkan kriteria tertentu
  • Parafrase dokumen atau pidato
  • Menemukan atau mengidentifikasikan contoh atau ilustrasi dari suatu konsep atau prinsip.
Akurasi – jumlah jawaban benar/salah,

daftar periksa, pedoman penilaian, rubrik

Mengaplikasi-kan Melaksanakan

melakukan

melatih

memanfaatkan

membangun

membiasakan

memecahkan

memodifikasi

memproses

mencegah

menentukan

menerapkan

mengklasifikasi

mengoperasikan

mengurutkan

menjalankan

mensimulasikan

menugaskan

menyelidiki

menyesuaikan

meramalkan

Aktifitas seperti

  • Penyelesaian soal tertulis
  • Performa
  • Praktikum
  • membuat prototipe
  • simulasi

yang memerlukan kemampuan mahasiswa untuk

  • Menggunakan prosedur untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan suatu tugas
  • Menentukan prosedur yang paling sesuai untuk suatu tugas tertentu
Daftar periksa, pedoman penilaian, rubrik
Menganalisis Menganalisis

memadukan

membangunkan

memecahkan

memfokuskan

mendeteksi

mendiagnosis

menegaskan

menelaah

menemukan

mengaitkan

mengedit

mengoreksi

mengukur

menjelajah

mentransfer

menyeleksi

menyimpulkan

merasionalkan

Aktifitas seperti

  • studi kasus
  • kritik
  • praktikum
  • pembuatan paper/proyek/peta konsep
  • debat
  • meyusun portofolio

yang memerlukan kemampuan mahasiswa untuk :

  • Membedakan atau memilih hal yang relevan dan tidak relevan dalam suatu sistem
  • Membagi suatu sistem/produk ke dalam bagian-bagiannya/komponen-komponennya, memahami prinsip kerja/tugas dari masing-masing bagian/komponen, hubungan antara bagian/komponen, serta prinsip kerja/fungsi/tugas sistem/produk secara keseluruhan
  • Mengorganisasikan data/informasi/pengetahuan dari berbagai sumber sehingga menjadi terstruktur
Pedoman penilaian, rubrik
Mengevaluasi Membandingkan

memberikan kritik

memilih

memisahkan

mempertahankan

memproyeksikan

memutuskan

memvalidasi

mendukung

mengarahkan

mengarahkan

mengecek

mengkritik

mengukur

menilai

menimbang

merangkum

Aktifitas seperti

  • Jurnal
  • Kritik
  • Soal
  • review produk
  • studi
  • meyusun portofolio

yang memerlukan kemampuan mahasiswa untuk :

  • Menguji, menilai, mengkritik bacaan/unjuk kerja/produk berdasarkan standar atau kriteria tertentu.
  • Mengambil kesimpulan atau menyusun konsep umum yang merupakan generalisasi dari beberapa/banyak kasus khusus
Pedoman penilaian, rubrik
Menciptakan Membangun

membuat

memfasilitasi

memperjelas

memprogram

menampilkan

menciptakan

mengarang

mengatur

menghubungkan

mengkombinasikan

mengkonstruksi

mengumpulkan

menyusun

merancang

merencanakan

mereparasi

merumuskan

Aktifitas seperti

  • Riset
  • Perancangan
  • Esai
  • rencana bisnis
  • Membuat program perangkat lunak
  • meyusun portofolio

yang memerlukan kemampuan mahasiswa untuk

  • membuat, membangun, merancang, ataupun menghasilkan sesuatu yang baru menggunakan teori/konsep/prinsip yang telah dipelajari.
Pedoman penilaian, rubrik

Tabel diadaptasi dari Eberly Center for Teaching Excellence & Educational Innovation (2015)