Evaluasi Mata Kuliah/Blok

Pelaksanaan
Dilakukan oleh dosen pengampu atau melalui rapat tim dosen pengampu setelah berakhirnya pelaksanaan mata kuliah/blok.

Bahan

  1. Rencana Pembelajaran Semester beserta dokumen pembelajaran lainnya
  2. Daftar nilai/tingkat pemenuhan CPMK
  3. Hasil refleksi pembelajaran oleh dosen pengampu
  4. Hasil kuisioner dari mahasiswa yang terdiri dari penilaian kinerja dosen dan refleksi pembelajaran mahasiswa
  5. Hasil observasi dari kolega dosen (observer)

Pembahasan

  1. Apakah seluruh mahasiswa yang lulus telah memenuhi standar untuk masing-masing CPMK? Apakah tingkat pemenuhan CPMK telah memenuhi standar? Bagaimana perbandingannya dengan data periode sebelumnya? CPMK apa yang masih perlu ditingkatkan tingkat pemenuhannya?
  2. Apakah proses pembelajaran yang dijalankan telah selaras konstruktif dengan capaian pembelajaran yang dituju? Apakah proses pembelajaran telah sesuai dengan karakteristik proses pembelajaran (Islami, interaktif, holistik, integratif, transformatif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa)? Hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan?
  3. Apakah asesmen pembelajaran yang telah dijalankan telah selaras konstruktif dengan capaian pembelajaran yang dituju? Apakah asesmen telah sesuai dengan prinsip asesmen (edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan)? Hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan?
    Apakah hasil dari evaluasi periode sebelumnya telah seluruhnya ditindaklanjuti?

Usulan peningkatan/perbaikan

  1. Penambahan/pengurangan/perbaikan rumusan CPMK dan/atau kriteria
  2. Perubahan/perbaikan teknik asesmen
  3. Perubahan/perbaikan pemicu pembelajaran dan/atau asesmen (soal, pertanyaan, kasus)
  4. Perubahan/perbaikan strategi/metode/model/teknik/aktivitas pembelajaran
  5. Penambahan/pengurangan/perbaikan media pembelajaran (produksi sendiri atau kurasi)
  6. Perubahan/perbaikan instrumen penilaian (daftar cek, panduan penilaian, rubrik)
  7. Perubahan/perbaikan skala penilaian
  8. Perubahan/perbaikan kriteria evaluasi
  9. Usulan perubahan/perbaikan untuk mata kuliah/blok lain yang terkait
  10. Usulan perbaikan/peningkatan terkait pembelajaran untuk lingkup Program Studi/Jurusan/Fakultas/Universitas.

Pelaporan Hasil Evaluasi

Minimal dalam bentuk lembar refleksi pembelajaran yang disusun oleh dosen pengampu atau lebih baik lagi jika disusun dalam bentuk portofolio yang selain terdiri dari lembar refleksi pembelajaran juga memuat (a) RPS dan dokumen pembelajaran lainnya, (b) Lembar Penugasan dan Lembar Soal Ujian, (c) Contoh hasil masing-masing penugasan dan ujian yang masuk dalam kategori sangat baik, kategori rata-rata, dan kategori kurang, serta (d) dokumen lain yang relevan.

Tindak Lanjut

  1. RPS, Lembar Penugasan, dan dokumen pembelajaran lainnya yang telah diperbaiki
  2. Media pembelajaran baru/yang telah diperbaiki
  3. Penyampaian usulan perbaikan/peningkatan terkait pembelajaran dalam lingkup Program Studi/Jurusan/Fakultas/Universitas melalui rapat dewan dosen program studi atau melalui surat kepada pihak berwenang yang relevan.

Evaluasi Pembelajaran Periodik Program Studi

Pelaksanaan

Dilakukan melalui rapat dewan dosen program studi yang dipimpin oleh Ketua Program Studi. Evaluasi ini dilakukan secara berkala dengan periode yang ditetapkan oleh program studi (1 semester atau 1 tahun atau periode waktu yang ditetapkan Program Studi). Dalam evaluasi ini dimungkinkan pula diundang anggota Dewan Pertimbangan Akademik atau representasi dari pemangku kepentingan yang relevan.

Bahan

  1. Bahan dari dokumen kurikulum dan rencana asesmen
    • Peta CPL dengan mata kuliah
    • Rencana asesmen dan/atau Peta CPL dengan asesmen
    • Peta CPL dengan strategi/metode/model/teknik/aktivitas pembelajaran
    • Standar pemenuhan CPL
  2. Rekapitulasi nilai/tingkat pemenuhan CPMK dan CPL beserta data pembanding (misalnya rekapitulasi dari periode sebelumnya)
  3. Hasil Evaluasi Akhir Semester dari periode sebelumnya
  4. Rekapitulasi hasil evaluasi mata kuliah/blok yang relevan
  5. Rekapitulasi hasil survey alumni dan pengguna
  6. Data dan informasi lain yang relevan dengan pembelajaran mahasiswa

Pembahasan

  1. Apakah tingkat pemenuhan CPMK dan CPL telah sesuai standar? Bagaimana perbandingannya dengan data periode sebelumnya? Bagaimana tingkat pemenuhan CPMK dan CPL per angkatan? CPL apa yang masih perlu ditingkatkan tingkat pemenuhannya?
  2. Apakah proses pembelajaran yang dijalankan telah selaras konstruktif dengan capaian pembelajaran yang dituju? Apakah proses pembelajaran telah sesuai dengan karakteristik proses pembelajaran (Islami, interaktif, holistik, integratif, transformatif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa)? Apakah sarana/prasarana pembelajaran telah memadai untuk mendukung proses pembelajaran? Hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan?
  3. Apakah asesmen pembelajaran yang telah dijalankan telah selaras konstruktif dengan capaian pembelajaran yang dituju? Apakah asesmen telah sesuai dengan prinsip asesmen (edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan)? Hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan?
    Apakah terdapat umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni, pengguna, dan pemangku kepentingan lain yang terkait dengan proses dan hasil pembelajaran?
  4. Apakah hasil dari evaluasi periode sebelumnya telah seluruhnya ditindaklanjuti?

Usulan peningkatan/perbaikan

  1. Penambahan/pengurangan/perbaikan rumusan CPL
  2. Perubahan/perbaikan pemetaan kurikulum dengan rumusan CPL
  3. Perubahan/perbaikan teknik asesmen serta pemetaannya dengan rumusan CPL
  4. Perubahan/perbaikan strategi/metode/model/teknik/aktivitas pembelajaran serta pemetaannya dengan rumusan CPL
  5. Perubahan/perbaikan struktur mata kuliah/blok dalam kurikulum, termasuk penambahan atau penghapusan mata kuliah/blok
  6. Sinkronisasi CPMK, asesmen, dan bahan kajian antar mata kuliah terkait
  7. Perbaikan/peningkatan sarana prasarana termasuk teknologi penunjang proses pembelajaran
  8. Perbaikan/peningkatan regulasi dan standar pembelajaran
  9. Perbaikan/peningkatan kriteria admisi
  10. Aktivitas peningkatan keterampilan instruksional untuk dosen pengampu
  11. Perubahan dosen pengampu mata kuliah
  12. Usulan perbaikan/peningkatan terkait pembelajaran untuk cakupan Jurusan/Fakultas/Universitas.

Pelaporan Hasil Evaluasi

Hasil evaluasi dapat disusun dalam berbagai alternatif media pelaporan sesuai dengan pemangku kepentingan yang dituju. Beberapa alternatif media pelaporan adalah sebagai berikut.

  1. Ringkasan eksekutif (executive summary)
  2. Dokumen Laporan Evaluasi Pembelajaran Periodik Program Studi
  3. Laman web

Tindak Lanjut

  1. Usulan untuk peninjauan kurikulum dan/atau rencana asesmen
  2. Perbaikan dokumen pembelajaran dan sinkronisasi mata kuliah melalui rapat tim pengampu mata kuliah atau Kelompok Bidang Keahlian (KBK)
  3. Usulan kegiatan dan/atau pengadaan sarana prasarana melalui revisi RKAT atau RKAT tahun berikutnya
  4. Perbaikan/peningkatan regulasi dan standar pembelajaran di level Program Studi
  5. Penyampaian usulan perbaikan/peningkatan terkait pembelajaran dalam lingkup Jurusan/Fakultas/Universitas melalui rapat pimpinan/pertemuan lain yang relevan atau melalui surat kepada pihak yang relevan.