Daftar Teknik Asesmen CPMK, Penilai beserta Instrumennya
Teknik Asesmen |
Deskripsi |
Instrumen asesmen |
Penilai untuk aktivitas pembelajaran kuliah, praktikum, dan sejenisnya |
Penilai untuk aktvitas pembelajaran non-kuliah |
Instrumen peniaian |
Tes/Ujian Tertulis |
Mahasiswa merespon soal (umumnya tertulis) dalam bentuk jawaban tertulis. Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas jawaban tertulis yang diberikan mahasiswa. Soal dapat berbentuk
|
|
|
|
|
Tes/Ujian Lisan atau wawancara |
Mahasiswa merespon pertanyaan (umumnya lisan) dalam bentuk jawaban lisan. Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas jawaban lisan yang diberikan mahasiswa |
|
|
|
|
Pembuatan karya |
Mahasiswa menghasilkan karya berdasarkan penugasan yang diberikan. Karya dapat berupa essay, paper, makalah,proposal, laporan, produk barang, desain, aplikasi, gambar, lukisan, diagram, flowchart, poster, infografik, video, dan, podcast. Pembuatan karya dapat berupa asesmen tersendiri ataupun merupakan hasil dari asesmen lain, misalnya penugasan proyek. Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas karya yang dihasilkan. |
|
|
|
|
Penugasan proyek |
Penugasan proyek adalah penugasan dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan penugasan biasa. Durasi penugasan proyek dapat berkisar antara beberapa kali sesi pembealajaran sampai satu semester penuh. Contoh penugasan proyek adalah proyek pembuatan karya, proyek penelitian, proyek perancangan, proyek pengabdian masyarakat, proyek dakwah Islamiah, proyek kewirausahaan, penempatan kerja/magang Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas perencanaan, monitoring, dan evaluasi yang dilakukan mahasiswa selama mengerjakan tugas proyek. |
|
|
|
|
Observasi atas kinerja dan perilaku |
Mahasiswa mendemonstrasikan aktivitas kinerja seperti diskusi, debat,role play, presentasi, aktivitas praktik di kelas/laboratorium/ tempat kerja,aktivitas praktik lapangan, trouble shooting. Penilai memberikan nilai dan umpan balik melalui observasi atas kinerja dan/atau perilaku yang didemonstrasikan oleh mahasiswa yang dinilai langsung di hadapan penilai. |
|
|
|
|
Kuisioner |
Penilai memberikan nilaidan umpan balik atas kinerja dan/atau perilaku mahasiswa berdasarkan rangkuman pengalaman penilai berinteraksi dengan mahasiswa yang dinilai |
|
|
|
|
Refleksi diri |
Mahasiswa melakukan refleksi diri atas proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan. Penilai memberikan umpan balik atas hasil refleksi diri mahasiswa |
|
|
|
|
Focus group discussion |
Peserta pembelajaran mendiskusikan proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Penilai merangkumkan hasil diskusi serta memberikan umpan balik kepada mahasiswa. |
|
|
|
|
Portofolio |
Portofolio adalah kumpulan hasil pembelajaran mahasiswa yang dapat menunjukkan usaha, kemajuan, dan pemenuhan capaian pembelajaran mahasiswa. Hasil pembelajaran umumnya berupa karya mahasiswa. Sebenarnya penyusunan portofolio didasarkan karya yang telah dibuat oleh mahasiswa, perbedaannya portofolio berupa kumpulan sehinga lebih komprehensif dan dapat memperlihatkan kemajuan pembelajaran. Penilai memberikan nilai dan umpan balik atas usaha, kemajuan, dan pemenuhan capaian pembelajaran yang diraih mahasiswa. |
|
|
|
|