Instrumen Penilaian Rubrik
Pengantar Referensi Penilaian
Untuk melakukan proses penilaian diperlukan referensi standar sebagai pembanding. Berikut adalah tiga macam referensi penilaian hasil asesmen.
-
Penilaian Acuan Normal (PAN)
-
Penilaian dengan berdasarkan standar kelulusan kelas yang sifatnya relatif, misalnya berdasarkan distribusi normal.
-
Umumnya digunakan untuk mengurutkan hasil pembelajaran mahasiswa, bukan mengukur tingkat pemenuhan capaian pembelajaran
-
-
Penilaian Acuan Patokan (PAP)
-
Penilaian dengan berdasarkan standar kelulusan berupa suatu standar skor/nilai tertentu
-
-
Penilaian Acuan Kriteria (PAK)
-
Penilaian dengan berdasarkan standar kelulusan berupa suatu deskripsi standar produk/kinerja/sikap hasil pembelajaran mahasiswa berupa indikator kinerja
-
Cara ini paling sesuai untuk digunakan mengukur tingkat pemenuhan capaian pembelajaran
-
Dikembangkan lebih lanjut menjadi rubrik penilaian
-
Rubrik
Rubrik (rubrics) adalah instrumen penilaian yang digunakan dosen dalam mengukur kinerja mahasiswa berdasarkan deskripsi spesifik yang menggambarkan kemampuan mahasiswa untuk suatu level tertentu pada suatu aspek (Mertler, 2006; Reddy & Andrade, 2010; Stevens & Levi, 2005). Rubrik yang hanya memiliki dua level dalam satu aspek dikenal sebagai daftar cek (check list) (Mertler, 2006). Rubrik dapat digunakan pada berbagai metode asesmen, seperti tulisan imiah, esai buku/film, partisipasi diskusi, laporan laboratorium, portofolio, dan kerja kelompok (Stevens & Levi, 2005).
Gambar 5 Komponen dalam rubrik
Umumnya rubrik dibedakan menjadi dua jenis, yaitu rubrik analitik dan rubrik holistik (Mertler, 2006). Rubrik holistik digunakan oleh pengajar untuk mengukur kinerja atau produk secara keseluruhan, tidak terbagi menjadi aspek terperinci. Pada rubrik holistik hanya terdapat satu aspek yang bersifat umum. Biasanya rubrik holistik digunakan untuk assesmen yang bersifat sumatif. Jenis rubrik kedua adalah rubrik analitik yang digunakan oleh pengajar untuk mengukur kinerja atau produk dari berbagai aspek untuk kemudian masing-masing nilai dijumlahkan menjadi nilai total. Karena memuat kriteria yang lebih terperinci maka rubrik analitik lebih sering digunakan pada assesmen yang bersifat formatif karena lebih berperan dalam memberi umpan balik bagi dosen maupun mahasiswanya.
Tabel 3 Contoh rubrik analitik untuk slide presentasi
4 (Tertinggi) |
3 |
2 |
1 (Terendah) |
|
Alur terstruktur | Seluruh slide memiliki keterkaitan satu sama lain | Hampir semua slide memiliki keterkaitan satu sama lain | Kebanyakan slide tidak memiliki keterkaitan satu sama lain | Antara satu slide dengan slide lainnya tidak memiliki keterkaitan |
Bahasa mudah dipahami | Tidak ada kata/kalimat yang sulit dipahami | Terdapat beberapa kata/kalimat yang sulit dipahami | Sebagian kata/kalimat sulit dipahami | Hampir seluruh kata/kalimat sulit untuk dipahami |
Sederhana | Pada seluruh slide masing-masing hanya terdapat 1 pokok pikiran/ide | Sebagian besar slide masing-masing memiliki 1 pokok pikiran/ide | Kebanyakan slide memiliki lebih dari 1 pokok pikiran/ide | Hampir seluruh slide memiliki lebih dari 1 pokok pikiran/ide |
Rubrik di atas adalah contoh rubrik analitik. Berikut adalah contoh rubrik holistik untuk menilai kemampuan presentasi.
Tabel 5 Contoh alternatif rubrik holistik untuk presentasi
Deskripsi Kriteria |
4 (Tertinggi) |
3 |
2 |
1 (Terendah) |
|
Memenuhi seluruh kriteria | Memenuhi 4-5 kriteria | Memenuhi 2-3 kriteria | Memenuhi kurang dari 2 kriteria |
Tabel 6 Contoh panduan penilaian untuk tugas essay
Aspek | Deskripsi | Komentar | Nilai (1 – 4) |
Kelengkapan susunan kalimat | Semua kalimat yang dituliskan memiliki susunan lengkap (SPOK untuk kalimat aktif) yang dituliskan secara lugas, singkat, padat, dan jelas. | ||
Kesalahan penulisan | Tidak ada kesalahan penulisan akibat kesalahan ketik maupun kesalahan ejaan. | ||
Struktur tulisan | Setiap kalimat saling memiliki keterkaitan satu sama lain. Alur penulisan jelas, tidak melompat-lompat. |