Pengantar asesmen, penilaian, dan evaluasi
Asesmen
Asesmen (assessment) adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja mahasiswa, kelas/mata kuliah, atau program studi dibandingkan terhadap tujuan/kriteria/capaian pembelajaran tertentu. Setelah diperoleh hasil asesmen maka dilakukan proses penilaian.
Penilaian (grading) adalah proses penyematan atribut atau dimensi atau kuantitas (berupa angka/huruf) terhadap hasil asesmen dengan cara membandingkannya terhadap suatu instrumen standar tertentu. Hasil dari penilaian berupa atribut/dimensi/kuantitas tersebut digunakan sebagai bahan evaluasi.
Evaluasi (evaluation) adalah proses pemberian status atau keputusan atau klasifikasi terhadap suatu hasil assesmen dan penilaian.
Hubungi
Direktorat Pengembangan Akademik UII
Informasi terkait layanan Direktorat Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia silakan menghubungi dengan alamat sebagai berikut:
Telepon: (0274) 898444 ext: 1311
Surel: [email protected]
Pengantar asesmen, penilaian, dan evaluasi
Pada laman ini dijelaskan pengertian dan tujuan dari asesmen, penilaian, dan evaluasi dalam konteks pembelajaran, beserta ilustrasinya.
Asesmen CPL
Berdasarkan objeknya asesmen CPL dapat diberlakukan untuk seluruh mahasiswa dan secara sampling.
Asesmen CPMK
Tersedia panduan daftar teknik asesmen Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), penilai beserta instrumennya.
Perspektif Asesmen
Asesmen dapat dilihat dari tiga perspektif, yaitu assessment of learning, assessment for learning, dan assessment as learning.
Penyelarasan Konstruktif
Penyelarasan konstruktif atau constructive alignment adalah suatu konsep bahwa aktivitas pembelajaran dan pengajaran serta aktivitas asesmen haruslah selaras dengan capaian pembelajaran yang telah dirumuskan.
Lembar Penugasan
Lembar Penugasan berisi dokumen pelengkap dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang ditujukan untuk mahasiswa serta berisi deskripsi tugas mata kuliah selama satu semester.
Instrumen Penilaian Publik
Untuk melakukan proses penilaian diperlukan referensi standar sebagai pembanding. Berikut adalah tiga macam referensi penilaian hasil asesmen.
Evaluasi Pembelajaran
Dilakukan oleh dosen pengampu atau melalui rapat tim dosen pengampu setelah berakhirnya pelaksanaan mata kuliah/blok.