Layanan Dosen

Hibah Pengembangan Pembelajaran

Untuk merespon dan mengantisipasi tantangan dan peluang pendidikan di masa sekarang dan masa akan datang, pembelajaran sebagai salah satu komponen terpenting pada proses pendidikan di Universitas Islam Indonesia diarahkan pengembangannya berdasarkan kondep-konsep berikut :

  1. Pendidikan berbasis luaran (outcome based education);
  2. Pembelajaran berpusat pada mahasiswa, yaitu learning by doing, thinking, and reflecting;
  3. Asesmen otentik (authentic assessment);
  4. Instrumen penilaian rubrik;
  5. Blended & online learning; serta
  6. Dosen sebagai pendamping pembelajaran mahasiswa.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Pengembangan Akademik untuk mendukung pengembangan pembelajaran adalah dengan menyelenggarakan hibah pengembangan pembelajaran untuk dosen di lingkungan UII. Secara umum tujuan dari hibah ini adalah :

  1. Mengembangkan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) serta arahan pengembangan pembelajaran UII;
  2. Meningkatkan kualitas lulusan melalui upaya pemenuhan capaian pembelajaran lulusan;
  3. Mengembangkan ragam model pembelajaran dan asesmen untuk mata kuliah dengan beragam karakteristik melalui online dan blended learning sebagai perwujudan implementasi aktivitas pembelajaran berpusat pada mahasiswa; serta
  4. Meningkatkan artikel publikasi dosen sebagai hasil refleksi atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan.

Besar setiap paket hibah adalah Rp 25.000.000.

Panduan dan template proposal hibah untuk semester ganjil 2020/2021 dapat diakses melalui tautan berikut.