Panduan Registrasi Mata Kuliah Konversi Program MBKM Melalui UIIMBKM

UIIMBKM adalah aplikasi yang tersedia di UIIGateway yang digunakan untuk mendukung implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya pembelajaran di luar program studi. Saat ini fitur yang telah tersedia adalah registrasi penyetaraan beban belajar peserta program MBKM untuk mahasiswa UII. Dengan fitur ini mahasiswa dapat mengajukan usulan penyetaraan beban belajar kepada program studi untuk kemudian diputuskan oleh program studi yang selanjutnya mata kuliah hasil penyetaraan akan langsung dikirimkan datanya dan didaftarkan ke UIIRAS. UIIMBKM dapat digunakan untuk program MBKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek maupun program yang diinisiasi program studi.

Video panduan registrasi UIIMBKM dapat diakses melalui aplikasi Panopto melalui tautan berikut ini (perlu akun UII untuk mengaksesnya).

Secara umum tahapan registrasi adalah sebagai berikut:

  1. Saat pertama kali akses lakukan logout dan login UIIGateway. Kemudian masuk dengan menekan icon UIIMBKM.
  2. Pendaftaran oleh mahasiswa. Yang perlu dipersiapkan adalah surat motivasi yang sudah dikonsultasikan dan disetujui oleh Dosen Pembimbing Akademik beserta tautan yang menampilkan informasi program yang diikuti. Gunakan format yang disediakan program studi, jika belum ada format dari program studi surat motivasi dapat menggunakan template berikut (Tautan Template). Setelah tahapan ini status mahasiswa adalah Pendaftaran.
  3. Persetujuan pendaftaran oleh program studi. Setelah tahapan ini status mahasiswa adalah Persetujuan Pendaftaran.
  4. Konfirmasi penerimaan program oleh mahasiswa. Untuk saat ini tahapan ini yang dapat dilengkapi dengan file atau tautan bukti penerimaan. Setelah tahapan ini status mahasiswa adalah Konfirmasi Penerimaan.
  5. Penetapan konversi mata kuliah oleh program studi. Setelah tahapan ini status mahasiswa adalah Persetujuan Mahasiswa.
  6. Persetujuan oleh mahasiswa.  Setelah tahapan ini status mahasiswa adalah Pelaksanaan.

Jika keenam langkah tersebut sudah dilaksanakan maka status mahasiswa di UIIMBKM akan menjadi “Pelaksanaan” dan data mata kuliah akan dikirimkan secara otomatis ke UIIRAS.

Jika peserta program MBKM juga mengambil mata kuliah selain mata kuliah tujuan penyetaraan/konversi, maka proses registrasi mata kuliah tersebut tetap dilakukan secara terpisah melalui keyin ke UIIRAS.