Layanan Program Studi

HIBAH PRIORITAS

Gambaran Umum

Program Hibah Kompetisi (PHK) Prioritas didesain khusus untuk memfasilitasi program studi dalam menyasar program prioritas yang tertuang dalam Rencana Strategis UII. Skema hibah ini mengharuskan setiap prodi pengusul untuk merancang serangkaian program berbasis aktivitas berdasarkan tema dan indikator sasaran yang telah ditentukan. Program yang diusulkan kemudian dievaluasi secara kompetitif antar prodi berdasarkan tingkat prioritas relatifnya terhadap pencapaian mutu universitas.

Tema dan Indikator Sasaran

Pada tahun 2021, fokus PHK-Prioritas ini diarahkan untuk memfasilitasi pengembangan program studi dengan tema prioritas dan indikator kinerja utama sebagai berikut:

No Tema Deskripsi Indikator Kinerja Utama
1 Pengembangan upaya dalam rangka bertahan, berbenah, dan bertumbuh di masa pandemi Covid-19. Berupa aktivitas/rangkaian aktivitas prodi dalam rangka bertahan, berbenah, dan bertumbuh di masa pandemi Covid-19 Implementasi upaya program studi untuk bertahan, berbenah, dan bertumbuh di masa pandemi Covid-19
2 Pengembangan penelitian dan pembelajaran kolaboratif internasional. Berupa aktivitas mengundang dosen dari institusi asing yang dilibatkan dalam aktivitas penelitian, publikasi dan/atau pembelajaran o  Cacah aktivitas penelitian kolaboratif internasional;

o  Cacah publikasi kolaboratif internasional; dan/atau

o  Cacah model pembelajaran kolaboratif internasionalKolaborator diutamakan berasal dari PT yang masuk QS 100 berdasarkan bidang ilmu.

3 Peningkatan rekognisi dosen di luar kampus Berupa aktivitas penugasan dosen ke PT/DUDI Mitra untuk melaksanakan penelitian, pembelajaran, dan pengabdian masyarakat dalam rangka pengembangan rekognisi dosen di luar kampus o  Cacah MoA dengan PT/DUDI Mitrao  Cacah Dosen yang melaksanakan penelitian, pembelajaran, dan pengabdian masyarakat di PT/DUDI Mitra
4 Pengembangan implementasi kemitraan dengan pihak ketiga dalam rangka menunjang proses pembelajaran. Berupa aktivitas pengembangan kemitraan dengan pihak ketiga guna memfasilitasi hak belajar di luar kampus bagi mahasiswa sesuai dengan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Indikator Utama:

o  Cacah mahasiswa yang menjalani proses pembelajaran di luar kampus minimal 20 SKS

Indikator Pendukung:

o  Dokumen atau blueprint pengembangan pembelajaran di luar kampuso  MoA dengan pihak ketiga terkait penyelenggaraan pembelajaran di luar kampus

o  Percontohan kelas pembelajaran di luar kampus yang telah terimplementasio  Sertifikasi bagi mahasiswa

o  Rancangan RPS bersama yang meliputi output, konten, metode pembelajaran, dan assesmen

o  Dokumen atau blueprint pengembangan kelas terbuka antar PT

5 Pengembangan implementasi kemitraan bidang pembelajaran lintas prodi di dalam UII Berupa aktivitas pengembangan pembelajaran lintas prodi, seperti Interprofessional Education (IPE) dan pembelajaran bersama multi prodi. o  Rancangan pembelajaran lintas prodi di dalam UII berupa RPS dan implementasinya

o  Dokumen atau blueprint pengembangan kelas terbuka lintas prodio  MoA lintas prodi terkait penyelenggaraan kelas bersama/terbuka

o  Percontohan kelas bersama/terbuka lintas prodi yang telah terimplementasi

6 Peningkatan perolehan akreditasi nasional Berupa upaya atau aktivitas program studi dengan status akreditasi Baik/B/C untuk mencapai status akreditasi “Baik Sekali” Pemenuhan butir-butir kriteria akreditasi “Baik Sekali”

Prodi dapat memilih paling banyak tiga (3) tema dari tujuh (7) tema yang tersedia, namun yang dapat didanai paling banyak dua (2) tema. Program wajib menghasilkan indikator kinerja utama sebagaimana yang tercantum pada tabel.

Kriteria Pengusul

PHK-Prioritas terbuka untuk semua program studi diploma, sarjana, profesi, magister, dan doktor yang telah memiliki dokumen kurikulum yang mengacu pada Permenristekdikti Nomor 44/2015 tentang SN-Dikti. Setiap program studi berhak mengusulkan maksimal satu proposal PHK-Prioritas.

Di tahun yang sama, setiap program studi dapat mengajukan proposal PHK Prioritas dan PHK-PS, namun hanya berhak mendapatkan pendanaan untuk satu skema hibah.

Besar Hibah

Pagu maksimal untuk setiap tema yang diusulkan adalah Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah). Dalam hal prodi pengusul memilih tema No. 2 dan menghasilkan indikator kinerja yang meliputi output yang dibutuhkan dalam percepatan guru besar di lingkungan prodi, maka pagu maksimal Rp.50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dimungkinkan untuk ditambah menjadi Rp.75.000.000 (tujuh puluh lima juta rupiah). Output yang dimaksudkan seperti naskah publikasi yang telah disubmit/diterima di Jurnal Internasional bereputasi yang terindeks Scopus/Web of Science (Rincian Lihat Panduan)

Batas Waktu Pengumpulan Proposal

Proposal dikumpulkan dalam bentuk softcopy dan hardcopy. Proposal soft copy dilakukan dengan mengisi formulir online yang telah disediakan, dan proposal hardcopy dikumpulkan ke DPA selambat-lambatnya Selasa, 9 Maret 2021 Jam 14.00.

Panduan, Template, dan Formulir (gunakakan email UII untuk akses)

Panduan PHK Prioritas
Template Penyusunan Proposal PHK Prioritas
Template RAB PHK Prioritas
Formulir Online Pengumpulan Proposal